Hj. Teti Asmarni, S. Pd

Guru IPA MTsN 1 Lima Puluh Kota-Padang Japang. Kantor Kemenag. Kab. Lima Puluh Kota. Alumni Jurdik Biologi IKIP Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jika Belum Rezeki, Sabarlah

Jika Belum Rezeki, Sabarlah

Tantangan Menulis hari 17 (#Tagur)

Sabar adalah kemampuan mengendalikan diri dan menahan emosi ketika menghadapi masalah. Sedangkan masalah adalah ketika kita berada pada suatu kondisi dimana harapan tidak sesuai dengan kenyataan.

Di saat kita sedang melaksanakan suatu project yang terjadwal dan terukur, tentu kita akan berusaha menjalani secara maksimal. Jikalau ada rintangan-rintangan kita akan mencari celah, untuk dapat mengatasinya. Sehingga kita tetap dapat menjalani dan melaksanakan project dengan lancar jaya.

Sikap sabar mempunyai nilai yang tinggi dan mencerminkan kekuatan pribadi yang menjalaninya. Benar kata orang bahwa “sabar” itu tidak semudah mengucapkannya. Kesabaran kita benar-benar diuji disaat kita menghadapi sesuatu diluar harapan kita. Kita mengalami kegagalan disutu tahapan, maka akan menghambat untuk melakukan tahapan berikutnya.

Walaupun perbahasa mengatakan bahwa “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Tapi di saat kita benar-benar dalam situasi mengalami kegagalan ini, kita akan sulit sekali mencerna dan memahami peribahasa ini. Kita merasa orang yang paling malang, menyesali diri. Bahkan menarik diri dari project yang sedang kita jalani.

. Harapan yang telah kita semai dan selalu kita pupuk serta pelihara dengan sebaik-baiknya. Kita tentu berharap akan menumbuhkan bunga yang indah. Dan pada waktunya akan memetik buah yang memang sudah kita nanti-natikan. Tapi kenyataannya bunga yang indah tiba-tiba gugur sebelum menjadi buah.

Sebagai manusia biasa dan bukan malaikat, kita memang insan yang lemah. Kita akan mengalami rasa yang kecewa ketika kenyataan yang kita dapati tidak sesuai dengan harapan. Kalau kita bisa sedikit saja menahan diri dan berpikir jernih bahwa kalau kita mundur dan menarik diri berarti tidak ada harapan sama sekali. Ya sudah sampai disitu saja, titik.

Kalau kita mampu membangkitkan semangat dan menata hati bahwa kalau kita terus, harapan itu akan selalu ada. Sesudah hujan akan hadir pelangi, setelah malam akan hadir pagi yang cerah. Kesuksesan itu adalah rezeki, dan kalau memang sudah menjadi jatah kita suatu saat pasti akan jelang kemenangan yang gemilang. Ikhtiar adalah wewenang kita sedangkan hasilnya adalah wewenang mutlak sang pemberi rezeki, Allah SWT.

Lubuak Simato, 24 maret 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

settuju

24 Mar
Balas

Yesss, thank you.

24 Mar



search

New Post