Hj. Teti Asmarni, S. Pd

Guru IPA MTsN 1 Lima Puluh Kota-Padang Japang. Kantor Kemenag. Kab. Lima Puluh Kota. Alumni Jurdik Biologi IKIP Padang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pongek Cubadak

Pongek Cubadak

Tantangan Menulis hari 21 (#Tantangan gurusiana)

Sebagai orang minang ada satu hal dapat dibanggakan yaitu masakannya. Rumah makan padang menyebar di seluruh penjuru nusantara bahkan sampai ke mancanegara. Masakan padang tidak hanya di sukai oleh warganya yaitu suku minang. Tetapi disukai oleh sebagian besar orang yang telah mencicipi masakan padang.

“Rendang” icon masakan dari rumah makan padang yang sudah sangat top markotop. Yang kelezatannnya tidak perlu diragukan.

Rumah makan padang, itulah brand yang dikenal oleh khalayak ramai. Sebenarnya masakan padang yang dikenal khalayak itu meliputi masakan yang berasal dari daerah-daerah di provinsi Sumatera Barat.. Dan di Sumatera Barat itupun terdapat banyak daerah-daerah dengan makanan dan masakan khasnya. Contonya gulai ikan karang dari pariaman, gulai itiak lado ijau dan gulai kapau dari bukittinggi, gulai pongek cubadak dari Situjuah, dan lain-lain.

Pongek cubadak, adalah gulai nangka muda, yang kuah santannya tinggal sedikit bahkan hampir kering karena dimasak lama dengan api kecil.Rasanya memang luar biasa gurih dan empuk.

Gurihnya berasal dari bumbu dan rempah dan santan kelapa yang menyerap kedalam potongan cubadak. Bumbu-bumbunya terdiri dari, cabe merah, bawang merah, bawang putih, isi kunyit, jahe, isi kemiri dan garam. semua bumbu ini dihaluskan. Ditambahkan dengan daun kunyit, daun salam, daun jeruk, asam kandis dan batang serai yang dimemarkan. Buat santan dari kelapa yang agak tua, untuk pongek cubadak memakai kelapa yang banyak dibandingkan gulai lainnya. Jadi santannya agak kental karena diperas dengan sedikit air.

Susun nangka muda yang telah dikupas dan dipotong-potong kedalam periuk tanah (tembikar). Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan beserta daun-daunan, batang serai dan asam kandis di atasnya. Setelah itu disiram dengan santan yang telah kita siapkan tadi.

Masak dengan api sedang dan berangsur mengecil supaya tidak gosong, sampai santannya mengering dan nangkanya empuk. Kalau nangkanya sudah empuk tanda pongek telah matang. Pongek cubadak siap untuk dihidangkan.

#tantanganmenulisselingikepanikanwabahcorona

#ayomasakmumpungstayathome

Lubuak Simato, 28 maret 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap

28 Mar
Balas

Hai datanglah ka payokumbuah, bia dibuek an pongek cubadak. Trm kasih kawan yang setis berkunjung.

28 Mar

Pongek cubadak baru kali ini mendengar nama masakan itu. Terimakasih ibu sudah berbagi. Sukses, sehat n bahagia selalu bersama keluarga tercinta. Barokallah

28 Mar
Balas

Silakan di icip bu, biasanya ada di RM Padang. Trm kasih bu sudah betkunjung.

28 Mar

Lomak bu,he he

28 Mar
Balas

Iyo bu hj. Trm kasih lah berkunjung

28 Mar

kalau kami di ombilin pongek sasau buk.

28 Mar
Balas

Itulah kekayaan kuliner minang ya bu.

28 Mar



search

New Post